IBX5A8FA2B2ED319 Pembahasan Mengenai USB 2.0 dan 3.0 - Artikel Baru

Pembahasan Mengenai USB 2.0 dan 3.0


Pembahasan Terkait USB 2.0 dan 3.0

Port Universal Serial Bus (USB) adalah sebuah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat eksternal ke komputer,seperti keyboard, hard drive eksternal, atau kunci penyimpanan.

Sering kali kita menemukan angka atau simbol yang sebenarnya menerangkan seri usb untuk perangkat tersebut, mulai dari seri 2.0 , 3.0 dan 3.1 adalah seri usb terbaru saat ini.

Selain itu warna konektor seperti usb versi 2.0 yang berwarna hitam dengan 3.0 yang berwarna biru menjelaskan tentang perbedaan kecepatan transfer antara dua usb ini.

Standar usb 2.0 yang di perkenalkan tahun 2000 ini memeungkinkan untuk menjamin kecepatan transfer yang lebih tinggi dari versi sebelumnya yang mempunyai kecepatan rendah 1.5 MB/s terendah sampai 60 MB/s untuk kecepatan tertinggi. namun pengembangan port usb ini tidak berhenti begitu saja. usb 3.0 muncul pada tahun 2008 menggantikan usb 2.0 , tentu saja dengan kecepatan yang 10x lipat lebih cepat bahkan bisa mencapai kecepatan tertinggi 625 MB/s.

Hati hati jika anda memasangkan perangkat dengan usb 3.0 ke port 2.0 karena walaupun anda mempunyai perangkat dengan usb 3.0 tetapi kecepatan transfer data anda hanya sampai kecepatan standar 2.0. tentu akan merugikan anda karena kecepatan transfer data jadi kurang maksimal.

Hada awalnya usb pertama kali dikenalkan pada tahun 1995 sebagai penghubung antar perangkat. versi pertama disini 1.0.

Berikut beberapa standar kecepatan untuk usb mulai dari 1.0 , 2.0 dan 3.0.

Standar USB 1.0 menawarkan dua mode komunikasi:
12 Mb / s dalam mode kecepatan tinggi.
1,5 Mb / dtk kecepatan rendah.

Standar USB 1.1 ini menyediakan beberapa klarifikasi ke pabrikan perangkat USB tetapi tidak mengubah bit rate.

Standar USB 2.0 menyediakan kecepatan hingga 480 Mbit / dtk.

Standar USB 3.0 menyediakan kecepatan hingga 4,8 Gbps.

Port USB:

Ada dua jenis konektor USB:
Yang disebut konektor tipe A, yang bentuknya persegi panjang dan umumnya digunakan untuk perangkat dengan bandwidth rendah (keyboard, mouse, webcam, dll.);
Yang disebut konektor tipe B, yang bentuknya persegi dan digunakan terutama untuk perangkat berkecepatan tinggi (hard drive eksternal, dll.).

Keterangan: Konektor USB Tipe A dan Tipe B

1. Daya + 5V (VBUS) maksimum 100mA
2. Data (D-)
3. Data (D +)
4. Massa (GND)

Operasi bus USB

Arsitektur USB memiliki karakteristik menyediakan daya ke periferal yang terhubung, hingga maksimum 15 W per perangkat. Ini menggunakan kabel yang terdiri dari empat kabel (tanah GND, catu daya VBUS dan dua kabel data yang disebut D- dan D +).

Keterangan: kabel USB

Standar USB memungkinkan rangkaian perangkat, menggunakan topologi bus atau bintang. Perangkat kemudian dapat terhubung satu demi satu, atau bercabang.

Pembagian dilakukan menggunakan kotak yang disebut "hub", dengan satu input dan beberapa output. Beberapa aktif (menyediakan tenaga listrik), yang lain pasif (didukung oleh komputer).

Keterangan: Topologi Bus port USB
Keterangan: Star topologi port USB

Komunikasi antara host (komputer) dan periferal dilakukan sesuai dengan protokol (bahasa komunikasi) berdasarkan prinsip token ring. Ini berarti bandwidth dibagi secara temporal antara semua perangkat yang terhubung. Host (komputer) mengirim sinyal urutan mulai setiap milidetik (ms), interval waktu di mana ia akan secara bersamaan memberikan "speech" untuk masing-masing dari mereka. Ketika Host ingin berkomunikasi dengan perangkat, ia mengirim token (paket data, yang berisi alamat perangkat, disandikan pada 7 bit) yang menunjuk perangkat, jadi itu adalah host yang memutuskan "dialog" dengan periferal. Jika perangkat mengenali alamatnya di token, perangkat mengirimkan paket data (8 hingga 255 byte) sebagai respons, jika tidak, ia meneruskan paket ke perangkat lain yang terhubung. Data yang ditukarkan demikian dikodekan sesuai dengan pengkodean NRZI.
Karena alamatnya diberi kode 7-bit, 128 perangkat (2 ^ 7) dapat dihubungkan secara bersamaan ke port jenis ini.

Saya pikir saya telah membahas semua informasi yang terkait dengan USB 2.0 & USB 3.0. . Jangan ragu untuk membagikan pengalaman Anda tentang USB 2.0 & USB 3.0 ini



0 Response to "Pembahasan Mengenai USB 2.0 dan 3.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

// anti copas